Selasa, 17 April 2018

Tugas dan Layanan Bimbingan Konseling

Tugas dan Layanan Bimbingan Konseling


Tugas dal layanan bimbingan dan konseling dilaksanakan untuk mewujudkan pengembangan diri secara optimal melalui fungsi-fungsi berikut:

1. Fungsi pemahaman, yaitu fungsi bimbingan dan konseling yang menghasilkan pemahaman oleh pihak-pihak tertentu untuk pengembangan dan penanganan masalah peserta didik; pemahaman itu meliputi:

  • Pemahaman tentang diri dan kondisi peserta didik, terutama oleh peserta didik sendiri, orang tua, dan guru pembimbing.
  • Pemahaman tentang lingkungan peserta didik (termasuk di dalamnya lingkungan keluarga dan sekolah), terutama oleh peserta didik sendiri, orang tua, dan guru pembimbing.
  • Pemahaman tentang lingkungan yang lebih luas (termasuk di dalamnya informasi pendidikan, informasi jabatan/pekerjaan, dan informasi sosial dan budaya/nilai-nilai), terutama oleh peserta didik.

2. Fungsi pencegahan, yaitu fungsi bimbingan dan konseling yang menghasilkan tercegahnya atau terhindarnya peserta didik dari berbagai permasalahan yang mungkin timbul, yang dapat mengganggu, menghambat ataupun menimbulkan kesulitan atau kerugian-kerugian tertentu dalam proses perkembangannya.

3. Fungsi pengentasan, yaitu fungsi bimbingan dan konseling yang menghasilkan terentaskannya atau teratasinya berbagai permasalahan yang dialami peserta didik.
4. Fungsi pemeliharaan dan pengembangan, yaitu fungsi bimbingan dan konseling yang menghasilkan terpelihara dan terkembangankannya berbagai potensi dan kondisi positif peserta didik dalam rangka perkembangan dirinya secara mantap dan berkelanjutan.

Selain fungsi-fungsi bimbingan dan konseling di atas, maka fungsi bimbingan di sekolah dapat juga dijabarkan sebagai berikut:

  1. Fungsi distributif bimbingan artinya fungsi bimbingan dalam hal membantu siswa untuk  menyalurkan kemampuan (kecerdasan, bakat), minat, cita-cita, prestasi akademis, hobby dan sebagainya ke arah pendidikan dan pekerjaan yang sesuai.
  2. Fungsi adaptif  bimbingan yaitu fungsi bimbingan dalam hal membantu staf sekolah (Kepala sekolah, guru, pegawai administrasi) untuk menyesuaikan strateginya dengan minat, kebutuhan serta kondisi siswa.
  3. Fungsi adjustif bimbingan yaitu fungsi bimbingan dalam hal membantu siswa agar dapat menyesuaikan diri secara tepat dengan lingkungannya terutama lingkungan sekolah, keluarga, dan lingkungan masyarakat.
Video Oreantasi Bimbingan dan Konseling




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengenalan Bimbingan Dan Konseling Bagi Siswa

Ikatan Guru Indonesia Pengenalan Bimbingan Dan Konseling Bagi Siswa Sampai saat ini guru BK masih dianggap menakutkan. Pandanga...